Senin, 26 Oktober 2015

Pengertian,teori, faktor yang mempengaruhi, rentang respon kecemasan, gejala-gejala, proses adaptasi, cara pengukuran Gangguan Kecemasan pada seseorang


                                                            Gangguan Kecemasan

1. PENGERTIAN KECEMASAN

  Banyak pengertian kecemasan yang dikemukakan oleh berbagai ahli kesehatan antara lain : Kecemasan dapat didefininisikan suatu keadaan perasaan keprihatinan, rasa gelisah, ketidak tentuan, atau takut dari kenyataan atau persepsi ancaman sumber aktual yang tidak diketahuiatau dikenal (Stuart and Sundeens, 1998).Sedangkan Suliswati, (2005) mengatakan bahwa kecemasan sebagai respon emosi tanpa objek yang spesifik yang secara subjektif dialami dan dikomunikasikan secara interpersonal. Kecemasan adalah kebingungan, kekhawatiran pada sesuatu yang akan terjadi dengan penyebab yang tidak jelas dan dihubungkan dengan perasaan tidak menentu dan tidak berdaya.

2. TEORI KECEMASAN
        Menurut Stuart, (2006) ada beberapa teori yang menjelaskan mengenai kecemasan. Teori tersebut antara lain :

a. Teori psikoanalitik, kecemasan adalah konflik emosional yang terjadi antara dua elemen                       kepribadian yaitu id dan superego. Id meewakili dorongan insting dan impuls primitive, sedangkan    superego mencerminkan hati nurani seseorang dan dikendalikan norma budaya seseorang. Ego atau     aku berfungsi mengahi tuntutan dari dua elemen yang bertentangan tersebut, dan fungsi kecemasan     adalah mengingatkan ego bahwa ada bahaya.

b. Teori interpersonal, kecemasan timbul dari perasaan takut terhadapketidaksetujuan dan penolakan       interpersonal. Kecemasan juga berhubungan dengan perkembangan trauma, seperti perpisahan dan     kehilangan, yang menimbulkan kerentanan tertentu. Individu dengan harga diri rendah terutama         rentan mengalami kecemasan yang berat.

c. Teori perilaku, kecemasan merupakan hasil dari frustasi, yaitu segalasesuatu yang mengganggu            kemampuan individu untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Ahli teori perilaku lain menganggap     kecemasan sebagai suatu dorongan yang dipelajari berdasarkan keinginan dari dalam diri untuk            menghindari kepedihan.

d. Teori keluarga menunjukkan bahwa gangguan kecemasan biasanya terjadi dalam keluarga.                 Gangguan kecemasan juga tumpang tindih antara gangguan kecemasan dan depresi.

e. Teori biologis menunjukkan bahwa otak mengandung reseptor khususuntuk benzodiazepin, obat-       obatan yang meningkatkan neuroregulatorinhibisi asam gama-aminobitirat (GABA), yang berperan penting dalam biologis yang berhubungan dengan kecemasan.

3. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN
          Menurut Suliswati, (2005) ada 2 faktor yang mempengaruhi kecemasan yaitu :
a. Faktor predisposisi yang meliputi :
      1) Peristiwa traumatik yang dapat memicu terjadinya kecemasan berkaitan dengan krisis yang                   dialami individu baik krisis perkembangan atau situasional.
      2) Konflik emosional yang dialami individu dan tidak terselesaikan dengan baik. Konflik antara             id dan super ego atau antara keinginan dan kenyataan dapat menimbulkan kecemasan pada                  individu.
      3) Konsep diri terganggu akan menimbulkan ketidakmampuanindividu berpikir secara realitas                 sehingga akan menimbulkan kecemasan.
      4) Frustasi akan menimbulkan ketidakberdayaan untuk mengambil keputusan yang berdampak                 terhadap ego.
     5) Gangguan fisik akan menimbulkan kecemasan karena merupakan ancaman integritas fisik yang           dapat mempengaruhi konsep diriindividu.
     6) Pola mekanisme koping keluarga atau pola keluarga menangani kecemasan akan                                  mempengaruhi individu dalam berespons terhadap konflik yang dialami karena mekanisme                  koping individu banyak dipelajari dalam keluarga.
     7) Riwayat gangguan kecemasan dalam keluarga akan mempengaruhi respon individu dalam                    berespon terhadap konflik dan mengatasikecemasannya.
     8) Medikasi yang dapat memicu terjadinya kecemasan adalahpengobatan yang mengandung                    benzodiazepin, karena benzodiapine dapat menekan neurotransmitter gamma amino butyric                 acid (GABA) yang mengontrol aktivitas neuron di otak yang bertanggung jawab                                   menghasilkan kecemasan.
b. Faktor presipitasi meliputi :
    1) Ancaman terhadap integritas fisik, ketegangan yang mengancamintegritas fisik meliputi :
         a) Sumber internal, meliputi kegagalan mekanisme fisiologi system imun, regulasi suhu tubuh,                 perubahan biologis normal.
         b) Sumber eksternal, meliputi paparan terhadap infeksi virus danbakteri, polutan lingkungan,                   kecelakaan, kekurangan nutrisi,tidak adekuatnya tempat tinggal.
    2) Ancaman terhadap harga diri meliputi sumber internal daneksternal.
         a) Sumber internal, meliputi kesulitan dalam berhubungan interpersonal di rumah dan di tempat                kerja, penyesuaian terhadap peran baru. Berbagai ancaman terhadap integritas fisikjuga                       dapat mengancam harga diri.
         b) Sumber eksternal, meliputi kehilangan orang yang dicintai,perceraian, perubahan status                       pekerjaan, tekanan kelompok,sosial budaya.

4. RENTANG RESPON KECEMASAN

            Menurut Stuart dan Sundeen (1998) respon terhadap kecemasan ada 4 aspek yaitu:
  a. Respon fisiologis
    1) Kardiovaskuler, meliputi: palpitasi, jantung berdebar, tekanandarah meningkat, rasa mau                      pingsan, pingsan, tekanan darahmenurun, denyut nadi menurun.
    2) Pernafasan, meliputi: nafas sangat pendek, nafas sangat cepat,tekanan pada dada, napas dangkal,          pembengkakan padatenggorokan, sensasi tercekik, terengah-engah.
    3) Neuromuskuler, meliputi: refleks meningkat, reaksi kejutan,mata berkedip-kedip, insomnia,                tremor frigiditas, wajah tegang,kelemahan umum kaki goyah, gerakan yang janggal.
    4) Gastrointestinal, meliputi: kehilangan nafsu makan, menolak makanan, rasa tidak nyaman pada            abdomen, mual, rasa terbakarpada jantung, diare.
    5) Traktus urinarius, meliputi: tidak dapat menahan kencing,sering berkemih.
    6) Kulit, meliputi: wajah kemerahan sampai telapak tangan, gatal,rasa panas, wajah pucat,                        berkeringat seluruh tubuh.
b. Respon perilaku
         Respon perilaku yang sering terjadi yaitu: gelisah,ketegangan fisik, tremor, gugup, bicara cepat,      kurang kordinasi,cenderung mendapat cidera, menarik dari masalah, menhindar,hiperventilasi.
c. Respon kognitif
        Perhatian terganggu, konsentrasi buruk, pelupa, salah dalammemberikan penilaian, preokupsi,           hambatan berfikir bidangpersepsi menurun, kreativitas menurun, produktivitas menurun,bingung,       sangat waspada, kesadaran diri meningkat, kehilangan objektivitas, takut kehilangan kontrol,               takut pada gambar visual,takut pada cedera dan kematian.
d. Respon afektif
         Mudah tersinggung, tidak sabar, gelisah, tegang, nervus,katakutan, alarm, terror, gugup, gelisah.
     Suliswati (2005) membagi kecemasan menjadi 4 tingkatan yaitu :
            a. Kecemasan Ringan
                    Kecemasan ringan berhubungan dengan ketegangan akanperistiwa kehidupan sehari-                      hari. Pada tingkat ini lahan persepsimelebar dan individu akan berhati-hati dan waspada.                      Individuterdorong untuk belajar yang akan menghasilkan pertumbuhan dan kreativitas.

1) Respon Fisiologis
          Sesekali nafas pendek, nadi dan tekanan darah naik, gejala ringan pada lambung, muka                   berkerut dan bibir bergetar.
2) Respon Kognitif
         Lapang persegi meluas, mampu menerima rangsangankompleks, konsentrasi pada masalah dan        menyelesaikan masalah secara efektif.
3) Respon perilaku
         Tidak dapat duduk tenang, tremor halus pada tangan dan suara kadang-kadang meninggi.

          b. Kecemasan sedang
                   Pada tingkat ini lahan persepsi terhadap lingkungan menurun,si individu lebih                                 memfokuskan pada hal penting saat itu dan mengesampingkan hal lain. 
1) Respon Fisiologis
      Sering nafas pendek, nadi ekstra sistolik dan tekanan darah naik,mulut kering, anoreksia, diare          atau konstipasi, gelisah.
2) Respon Kognitif
      Lapang persepsi menyempit, rangsang luar tidak mampuditerima, dan berfokus pada apa yang           menjadi perhatiannya.
3) Respon Perilaku
      Gerakan tersentak-sentak (meremas tangan), berbicarabanyak dan lebih cepat, dan perasaan tidak     nyaman.

           c. Kecemasan Berat
                     Pada kecemasan berat lahan persepsi menjadi sempit. Individucenderung memikirkan                   hal yang kecil saja dan mengabaikan hal-hal yang lain. Individu tidak mampu berfikir berat                  lagi dan membutuhkan
               banyak pengarahan/tuntuan.
1) Respon Fisiologis
          Sering nafas pendek, nadi dan tekanan darah naik,berkeringat dan sakit kepala, penglihatan           kabur.
2) Respon Kognitif
           Lapang persepsi sangat menyempit dan tidak mampumenyelesaikan masalah.
3) Respon Prilaku
           Perasaan ancaman meningkat, verbalisasi cepat dan blocking.

           d. Panik
                     Pada tingkat ini persepsi sudah terganggu sehingga individusudah tidak dapat                                   mengendalikan diri lagi dan tidak dapat melakukanapa-apa walaupun sudah diberi                               pengarahan/tuntunan.
1) Respon Fisiologis
                    Nafas pendek, rasa tercekik, sakit dada, pucat, hipotensi,pucat sakit dada dan rendahnya                   koordanasi motorik.
2) Respon Kognitif
                    Lapang persepsi terhadap lingkungan mengalami distorsi,tidak dapat berfikir logis, dan                   ketidakmampuan mengalami distorsi.
3) Respon Prilaku
                   Agitasi, mengamuk dan marah, ketakutan, berteriak-teriak,bocking, presepsi kacau,                           kecemasan yang timbul dapat di identifikasi melalui respon yang dapat berupa respon                           fisik,emosional dan kognitif atau intelektual.

5. GEJALA-GEJALA KECEMASAN
         Kecemasan pada usia lanjut merupakan perasaan yang tidak menyenangkan yang dialami oleh          usia lanjut atau berupa ketakutan yangtidak jelas dan hebat. Hal ini terjadi sebagai reaksi                      terhadap sesuatu yang dialami oleh seseorang (Nugroho, 2008). Gejala-gejalanya adalah:
          a. Perubahan tingkah laku
          b. Bicara cepat
          c. Meremas-remas tangan
          d. Berulang-ulang bertanya
          e. Tidak mampu berkonsentrasi atau tidak memahami penjelasan
          f. Tidak mampu menyimpan informasi yang diberikan
          g. Gelisah
          h. Keluhan badan
           i. Kedinginan dan telapak tangan lembab

6.PROSES ADAPTASI KECEMASAN

a. Mekanisme koping
     1) Strategi pemecahan masalah.
                       Strategi pemecahan masalah bertujuan untuk mengatasi atau menanggulangi masalah             atau ancaman yang ada dengan kemampuan realistis. Strategi pemecahan masalah ini                           secara ringkas dapat digunakan dengan metode STOP yaitu Source, Trialand Error, Others,                 serta Pray and Patient. Source berarti mencaridan mengidentifikasi apa yang menjadi sumber               masalah. Trial anderror mencoba berbagi rencana pemecahan masalah yang disusun.Bila satu             tidak berhasil maka mencoba lagi dengan metode yanglain. Begitu selanjutnya, others berarti               meminta bantuan orang lainbila diri sendiri tidak mampu. Sedangkan pray and patient yaitu                 berdoa kepada Tuhan. Hal yang perlu dihindari adalah adanya rasa keputusasaan yang terhadap           kegagalan yang dialami (Suliswati,2005).

       2) Task oriented (berorentasi pada tugas)
              a. Dipikirkan untuk memecahkan masalah, konflik, memenuhi kebutuhan dengan motivasi                       yang tinggi.
              b. Realistis memenuhi tuntunan situasi stress.
              c. Disadari dan berorentasi pada tindakan.
              d. Berupa reaksi melawan (mengatasi rintangan untukmemuaskan kebutuhan), menarik diri                     (menghindari sumber ancaman fisik atau psikologis), kompromi (mengubah cara,tujuan                        untuk memuaskan kebutuhan) (Suliswati, 2005).

      3) Ego oriented
              Dalam teori ini, ego oriented berguna untuk melindungi diri dengan perasaan yang tidak kuat            seperti inadequacy dan perasaan buruk berupa penggunaan mekanisme pertahanan diri (defens            mechanism). Jenis mekanisme pertahanan diri yaitu(Suliswati, 2005):
              a) Denial
                         Menghindar atau menolak untuk melihat kenyataan yang tidak diinginkan dengan                          cara mengabaikan dan menolak kenyataan tersebut.
              b) Proyeksi
                        Menyalakan orang lain mengenai ketidakmampuan pribadinya atas kesalahan yang                          diperbuatnya. Mekanisme ini diguakan untuk mengindari celaan atau hukuman yang                             mungkin akan ditimpakan pada dirinya.
              c) Represi
                        Menekan kedalam tidak sadar dan sengaja melupakan terhadap pikiran, perasaan, dan                      pengalaman yang menyakitkan.
              d) Regresi
                         Kemunduran dalam hal tingkah laku yang dilakukan individu dalam menghadapi                             stress.
              e) Rasionalisasi
                         Berusahah memberikan alasan yang masuk akal terhadap perbuatan yang                                         dilakukanya.
               f) Fantasi
                          Keinginan yang tidak tercapai dipuaskan dengan imajinasi yang diciptakan sendiri                          dan merupakan situasi yang berkhayal.
               g) Displacement
                          Memindahkan perasaan yang tidak menyenangkan diriatau objek ke orang atau                              objek lain yang biasannya lebihkurang berbahaya dari pada semula.
                h) Undoing
                          Tindakan atau komunikasi tertentu yang bertujuan menghapuskan atau meniadakan                         tindakan sebelumnya.
                i) Kompensasi
                         Menutupi kekurangan dengan meningkatkan kelebihan yang ada pada dirinya                                   (Suliswati, 2005).

7. CARA PENGUKURAN KECEMASAN

          Alat ukur tingkat kecemasan telah dikembangkan oleh beberapapeneliti sebelumnya diantaranya adalah kecemasan berdasarkan HARS,Demikian halnya dengan penelitian ini, karena kecemasan berdasarkanHARS telah terbukti dan banyak digunakan sebagai referensi untuk penelitian-penelitian yang berkaitan dengan kecemasan maka dalam penelitian ini untuk mengukur kecemasan ibu terhadap sindrom klimakterium juga menggunakan standar HARS yang berisi tentangperasaan cemas, ketegangan, ketakutan, gangguan tidur, gangguan kecerdasan, perasaan depresi, gejala somatic, Gejala kardiovaskuler, gejalaresperatori, gejala gastrointestinal, gejala urogenital, gejala autonom,tingkah laku (Nursalam, 2008).Gejala kecemasan berdasarkan HARS diukur berdasarkan skala yang bergerak 0 hingga 4. Skor 0 berarti tidak ada gejala atau keluhan,skor 1 berarti ringan (1 gejala dari pilihan yang ada), sokr 2 berarti sedang (separuh dari gejala yang ada), skor berat (lebih dari separuh yang ada) dan skor 4 berarti Sangat Berat (semua gejala ada).

1 komentar:

  1. A Casino site with top odds.
    A casino site with top odds. Casino for real money. Online casinos. Slots, Blackjack, Roulette, Baccarat, 카지노사이트luckclub Poker, Video Poker and more!

    BalasHapus